Kunci Sukses Bisnis Untuk Pemula

Anda seorang pemula yang ingin atau akan membangun sebuah bisnis? Jika ya, maka Anda harus tahu seorang pengusaha muda yang sukses ini. Namanya adalah Edward Chang. Ia memulai usahanya pada tahun 1997 mulai dari nol dengan modal yang sangat minim sampai pada akhirnya ia sukses membangun perusahaan rental AC terbesar di Indonesia.

Membangun sebuah bisnis atau usaha tidak hanya bermodalkan niat saja melainkan persiapan yang matang sebelum memulai bisnis tersebut. Seperti yang dilakukan Edward Chang, meskipun hanya bermodalkan beberapa barang saja ia tetap semangat, kerja keras dan terus berusaha hingga bisa menjadi sesukses sekarang ini.

Tentu semua pemula yang terjun dalam dunia bisnis bermimpi menjadi seorang pebisnis sukses dan mendapatkan penghasilan yang banyak. Tapi sekali lagi, semua itu tidak mudah dibutuhkan pengorbanan, semangat, kerja keras yang terus menerus.

Maka dari itu, sebelum Anda benar – benar terjun dalam dunia bisnis dan ingin sukses besar silahkan cek satu persatu kunci sukses bisnis menurut Edward Chang.

Belajar dari setiap pengalaman

Benar sekali kata pepatah bijak, pengalaman adalah guru terbaik. Semakin banyak Anda mengalami pengalaman baik sukses terlebih pengalaman gagal, semuanya memberikan banyak pelajaran hidup. Semua ini akan menambah wawasan dan kreatifitas, dengan pemikiran yang makin teruji.

Teknik pemasaran yang tepat

Katakanlah Anda sudah mempunyai bisnis atau produk yang akan dijual. Pertanyaan selanjutnya adalah di mana atau ke mana Anda akan menjual produk tersebut. Apakah dijual secara konvensional, atau secara online via internet dll. Anda harus melakukannya dengan benar agar produk Anda laku terjual dan laris manis di pasaran.

Jangan pernah menyerah!

Menyerah pada keadaan, situasi dan lain sebagainya adalah bukan tipe pebisnis sejati. Orang yang sukses besar tetap bangkit dari setiap kegagalan, seperti kata pepatah bijak: Kegagalan adalah papan loncat untuk meraih kesuksesan. Seperti yang dialami Edward Chang, ia tidak pernah menyerah membangun bisnisnya, walaupun harus gagal, gagal dan gagal. Hasil yang didapat adalah Usahanya Quality Technic menjadi Perusahaan Rental AC no 1 di Indonesia.

Hemat

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus belajar mengelola keuangan Anda. Perhatikan segala pemasukan dan pengeluaran Anda. Lakukan sebaik dan seefektif mungkin. Jika Anda menggunakan bahan baku, pilihlah bahan yang berkualitas dengan harga yang paling kompetitif/ lebih murah.

Fokus

Ini adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan para pemula. Membangun begitu banyak bisnis tanpa ada skala prioritas. Semua peluang bisnis yang bagus diambil dan ini sangat tidak disarankan. Karena apa? karena Anda membangun bisnis di atas pondasi yang kurang kuat. Sebaiknya Anda fokus pada 1 bidang bisnis yang Anda kuasai, mengerti seluk beluk bisnis yang Anda jalankan hingga bisa berkembang. Setelah 1 bisnis Anda sudah berkembang barulah mulai merencanakan difersifikasi usaha atau merintis usaha yang baru.

Tetap Belajar

Nah, ini yang juga sering dilupakan para pemula dalam bisnis. Kemajuan teknologi dan internet membuat orang harus terus menerus belajar, karena banyak ilmu ilmu baru, teknologi teknologi baru, penemuan baru dll yang tentu sangat Anda butuhkan dalam perkembangan bisnis Anda ke depannya. Belajar juga pada teman teman Anda, rekan pebisnis atau siapapun, karena kadang sebuah ide terbaik datang dari hal yang tidak Anda sebelumnya.

Demikian kiat – kiat sukses yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pebisnis pemula. Belajarlah selalu dari orang – orang sukses seperti Edward Chang dan jadikan Anda sebagai pebisnis sukses berikutnya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *